Apa itu Memory Komputer??



Nggak ada salahnya kamu kenal komponen komputer yang satu ini. Nggak seru banget kalo ngaku-ngaku ahli komputer tapi nggak tahu apalagi ngerti istilah memory. Oke?
Denger dari namanya kita semua pasti teringat dengan kerja tubuh manusia yang namanya ingatan. Benar, dalam PC kalian pun ada bagian yang memang berfungsi untuk mengingat dan menyimpan ingatan.
Bedanya memori pada komputer normalnya nggak hilang atau lupa kecuali dengan sengaja kita hapus, gak seperti otak kita yang belum di-delete-pun kadang sering hilang tuh datanya. Walah?

Memori adalah bagian komputer yang terdiri dari IC-IC dan chip yang berfungsi sebagai tempat menyimpan ingatan atau pada komputer data. Ukuran pada memori terdiri dari bit dan byte. 1 byte setara dengan 8 bit, dan 1 Kilobyte setara dengan 1024 byte, aneh khan, tapi ini hitungan yang ada pada memori karena menganut hitungan n2, jadi nggak bisa genap jadi kelipatan 10.

Pada komputer kita bisa membagi memori secara umum menjadi dua bagian, volatile dan non-volatile. Pada memori volatile, komponen memori tersebut hanya akan menyimpan data selama komponen tersebut mendapatkan daya listrik. Sedangkan pada memori non-volatile data akan tetap tersimpan meskipun daya listriknya sudah dicabut atau dimatikan.

Volatile
Ada beberapa jenis memori volatile yang ada pada komputer kita, seperti CMOS, Cache, dan RAM. CMOS merupakan bagian dari BIOS yang dapat kita seting (umumnya dengan menekan tombol [Del] ketika komputer baru dinyalakan).
Memori CMOS ini dapat menyimpan seting jam, tanggal, dan konfigurasi sederhana pada komputer membutuhkan daya listrik, sehingga kita pasti jumpai pada setiap mainboard komputer ada sebuah baterai yang sering disebut sebagai baterai CMOS atau baterai BIOS. Jika baterai tersebut dicabut maka semua setingan CMOS akan kembali ke seting asal.
Sementara Memori Cache merupakan memori yang terdapat pada prosesor yang berfungsi sebagai memori antara agar programs yang sering diakses lebih cepat diproses oleh otak komputer. Data yang ada didalamnya juga akan hilang jika komputer dimatikan.
Terus, Memori RAM, nah ini mungkin yang paling akrab di telinga kita, ini berfungsi sebagai tempat penampungan sementara bagi program yang sedang diproses, data pada memori ini akan hilang jika komputer mati. Inilah penyebabnya kenapa kalau aliran listrik padam atau komputer tiba-tiba kita matikan maka semua pekerjaan kita yang belum disimpan akan hilang. RAM berbentuk sebuah PCB panjang yang terletak diatasnya IC-IC atau chip-chip.

Random Access Memory - RAM
Jenis RAM pada komputer berbagai jenisnya, semuanya merupakan pengembangan dari jenis yang sebelumnya, tentunya akan pasti lebih baik, lebih cepat dan lebih besar kapasitasnya. Pada komputer generasi awal RAM yang dipakai ialah EDO-RAM, ya memori legendaris ini memang biasanya digunakan pada komputer generasi Pentium I dan teman-temannya.

Kemudian diciptakanlah memori yang lebih cepat yaitu SD-RAM. Memori merupakan memori yang paling bertahan lama pada dunia komputer, karena memori ini dipakai mulai dari generasi terakhir Pentium I sampai generasi awal Pentium IV. Selanjutnya pada jaman Pentium IV ada memori yang biasanya digunakan oleh komputer Macintosh diaplikasikan pada PC yang bernama Rambus atau RD-RAM, tapi karena memori ini agak mahal sehingga nggak pernah sampai pada masa kejayaannya.

Generasi RD-RAM dengan cepat digantikan oleh memori baru yang merupakan pengembangan dari SD-RAM yaitu DDR-SD-RAM atau sering disingkat hanya menjadi DDR-RAM. Memori ini memiliki kecepatan tinggi sehingga dapat menyamai kecepatan internal prosesor Pentium IV.
Nah, karena manusia yang nggak pernah puas dan selalu ingin sesuatu yang lebih maka dibuatlah memori baru bagi Pentium IV generasi terbaru yang juga merupakan pengembangan dari DDR-SD-RAM yang disebut DDR-SD-RAM II atau lebih dikenal sebagai DDR II saja. Kita nggak tahu kedepannya bakalan seperti apa. Yang pasti akan selalu lebih cepat, lebih baik, dan lebih besar deh kayaknya.
Non-Volatile
Memori ini biasanya dipakai untuk menyimpan data sebagai pengganti disket atau hardisk, disket dan hardisk sendiri tidak disebut sebagai memori non-volatile karena meskipun punya fungsi sama tapi keduanya bukan terdiri dari IC atau chip penyimpan data. Jenis yang paling umum dari non-volatile memori ialah flash memori. Flash memori dapat berbentuk batang yang bisa langsung dikoneksikan ke USB, ini kita semua pasti kenal. Yup Flashdisk.
Ada jenis lain dari flash memory seperti MMC atau SD Card yang biasa digunakan pada handphone kamu atau kamera digital. Atau Memory Stick buatan Sony, serta masih banyak yang lainnya seperti Smart Media, Compact Flash, XD Card, dll. Pasti di antaranya ada yang kalian kenal dan miliki kan?
Kita boleh kok untuk terus ngikutin perkembangan teknologi yang ‘gila-gilaan’ seperti ini, tapi jangan lupa bahwa keimanan kita juga memerlukan perhatian. Jangan sampe deh kita ngeh banget sama komputer tapi ketika ditanya tentang Islam nggak bisa jawab sama sekali. Kita harusnya bersyukur karena Allah teleh memberikan jalan yang dapat memudahkan kita untuk menyelesaikan segala masalah di dunia ini baik yang berasal dari aturanNya atau yang berhubungan dengan teknologi

0 Komentar untuk "Apa itu Memory Komputer??"