Perjalanan Karir Hidupku


 assalamualaikum sobat bloger semoga senantiasa selalu dalam lindungaNYA aamiin. Kali ini saya akan menulis tentang sosok pribadi saya atau pengalaman saya dui dunia teknologi khususnya di bidang komputerisasi. 

Kebetulan saya teratrik ingin menulis cerita tentang pribadi saya sendiri, Awal mula sebelum saya terjun ke dunia teknologi khususnya di bidang komputerisasi, saya dilahirkan dan di besarkan oleh bapak/ibu saya dari keluarga sederhana setiap harinya sebelum saya bekerja di dunia komputer saya bekerja serabutan seperti halnya bantu2 om saya yang jualan bakso es kelapa muda, sebagai nyupir alias nyuci piring atau cuci piring.

selain itu saya pernah menjadi tukang parkir atau penunggu jaga wc tempatnya di islamic center brebes setiap ada pemberangkatan haji. ya pekerjaan yang alakadarnya tetapi saya lakukan dengan ikhlas dan lapang dada yang penting halal tidak mencuri. 
pekerjaan itu pun setiap 1 tahun sekali untuk penghasilan saya sehari2 saya bahkan tidak ada sama sekali, untuk jajan saja saya terkadang minta sama kaka :D maklum masih jaman pengangguran cari kerja sana-sini tak kunjung dapat.

Al-hasil saya kerja serabutan seperti ini itu pun terkadang tidak setiap hari. Saya lulusan smk jurusan elektronika angkatan 2005, setelah saya lulus dapat ijazah saya pun bingung ini ijazah mau di buang kemana nglamar sana sini tak kunjung dapat pekerjaan yang saya harapkan. 

Akhirnya saya memutuskan kerja seadanya untuk batu loncatan, Kebetulan saya dapat pekerjaan yang mungkin buat si pembaca mau atau tidka untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan kepada saya, yaitu sebagai kuli pacul pasir ya alhamdulillah saya terima dengan lapang dada walau dalam hati saya memberontak. 

pada awalnya saya malu utnuk melakukan pekerjaan menjadi kuli pacul, hari pertama saya kerja rasanya begitu dag dig dug der, karena pekerjaan yang saya lakukan itu ternyata di deket sekolahku semasa SMP/MTS yah. 
mungkin saya malu/grogi gengsi barangkali ada mantan guru saya sewaktu saya menjadi anak sekolah di tempat tersebut. tapi semua itu saya pendam2 dalam-dalam. akhirnya hari pertama saya kerja sebagai kuli tukang pacul/pengangkut pasir selama 7 hari alhasil saya mendapat upah yang mungkin tidak seberapa. 
uang yang saya dapat pun saya kasih kepada ibu saya, saya cuma ambil sebagian cuma buat beli sebungkus rokok. tapi saya bangga dengan apa yang saya lakukan bisa ngasih sesuatu kepada ibu saya, ya walaupun itu tidak seberapa. setelah itu saya memutuskan untuk hijrah ke ibuka kota untuk mengadu nasib di sana sapa tau nasib saya di ibu kota bisa berubah lebih baik dari yang sebelumnya.

Dengan tekad yang kuat saya akhirnya berangkat kejakarta untuk merubah nasib saya di ibu kota, al-hasil selama 3 bulan di jakarta saya melamar pekerjaan di perusahaan-perusahan tak satupun saya di terima karena masalah sepele yaitu kurang tinggi nya postur tubuh saya, rasa kecewapun saya sangat mendalam, selama 3 bulan di jakarta saya cuma makan tidur itu pun saya beruntung karena masih ada saudara yang mau menampung saya ini.

Akhirnya saya pulang ke kampung untuk melanjutkan misi saya ingin menjadi seorang teknisi komputer, kebetulan saya punya temen yang bekerja di suatu lembaga kursus komputer yang kebetulan di tempat itu membutuhkan seorang kurir atau tukang mengantarkan barang, lalu saya coba mendaftar dan akhirnya saya di trima di tempat kursus tersebut. tempat kursus itup pun ternyata menyediakan jual beli komputer service dll, dalam hati saya wah kebetulan pas banget saya bekerja di sini ternyata di sini juga menyediakan jual komputer dll.

Akhirnya saya bekerja di situ sebagai kurir tukang antar barang, dengan semangat saya inigin menjadi seorang teknisi komputer setiap hari saya berangkat kerja mengantarkan pesanan komputer kesana kemari, dengan inisiatif saya selalu menyempatkan waktu saya buat belajar service komputer setelah saya selesai pekerjaan saya. dari situlah saya mulai belajar komputer atau service komputer. Pertama saya belajar komputer saya di bohongin sama teman saya dan bos saya masalah mengajarkan saya hagware komputer, pada waktu itu komputer belum ada yang core i3 di tempat saya bekerja adanya pentium 2 pentium 3, lalu saya belajar tentang perangkat yang ada di dalam cpu tersebut.
pada saat itu saya memegang procesor pentium 2 yang lebar seperti gagang sikat, lalu saya tanya kepada teman saya sama bos saya.
 

saya : pak bos kalo yang ini sih namanya apa ?
 

pak bos : okh kalo yang itu namanya sikat WC ...
 

saya : lalu saya berpikir sejenak ... apa ada komponen di dalam cpu itu sikat WC lalu saya percaya begitu saja. namanya juga tidak tau
 

pak bos : kalo kamu mau belajar tentang komputer dengan senang hati saya akan mengajari kamu asal dengan serius ,,,
 

saya : wahhh,, beneran nih pak bos,, saya pun senang sekali akhirnya apa yang saya inginkan terwujud
waktu pun berjalan dengan cepat,, apa yang pak bos janjikan kepada saya ternyata miring tidak sejalan apa yang pak bos omongin,,katanya saya harus belajar bisa service komputer mungkin hampir tiap hari pak bos bilang kamu itu harus bisa service komputer harus bisa,, tapi apa daya selama saya bekerja setiap hari saya keluar kesan kemari sampai pulang kantor terkdang malam, untuk belajar komputer pun waktunya sudah sedikit, tidak lama saya bekerja di situ akhirnya saya mengundurkan diri.
ya rasa kecewa ataupun rasa sayang untuk meninggalkan pekerjaan tsb sebenarnya sayang, tapi mau bagaimana lagi sudah tidak sejalan dengan apa yang saya harapkan.
lalu akhirnya saya terjun kembali ke pekerjaan kasar yaitu menjadi kuli bangunan di desa saya sendiri, waktu demi waktu saya kerjakan dengan kesungguhan hati dengan rasa ikhlas ternyata begitu nikmat nya bila suatu pekerjaan di landasi dengan keikhlasan dan penuh lapang dada saya bersyukur sekali pada waktu itu, karena masih banyak orang-orang disekitar kita yang belum mendapatkan pekerjaan mungkin karena gengsi kali yah,, :D .selama 3 minggu akhirnya selesai sudah apa yang saya kerjakan, pada waktu saya mendapatkan uang 300rb tidak banyak tapi bagi saya sudah lumayan cukup untuk sebulan.
uang yang saya dapat itupun saya tidak dikasih kan sama orang tua saya melainkan saya ingin mempunyai HP sendiri, akhirnya saya beli HP pertama dengan uangku sendiri itupun masih kurang akhirnya saya minta tambahan kepada kaka saya untuk menambahi kekurangannya, kemudian saya pergi ketempat saudara saya untuk di ajari cara menggunakan hp tersebut karena pada waktu itu saya masih gaptek alias gagap teknologi.
pada suatu malam hari tepatnya pukul 11,30 wib telpon genggam saya pun berdering entah dari siapa, saya bingung hp baru no baru kok udah ada yang telpon akhirnya saya angkat telpon terdengar suara yang kencang dengan nada suara besar saya kaget lalu dia berkata :
.... : hallo.....?
saya : hallo juga , dengan siapa yah...?
....: saya ini sensor ... ?
saya : okh iya  ada apa yah,,, ?
.....: kamu mau ikut ke cilacap mau apa tidak ..?
saya : ke cilacap ngapain yah ..?
...... : nyuci baju.... , ya kerja sama saya..
saya : bingung.. bingungya saya tidak punya uang sama sekali karena uangnya sudah dibelikan hp
.... : mau apa tidak , kalo mau berangkat sekarang.. 

lalu saya putuskan nekad bilang MAU....
... : ok,, berangkat sekarang saya tunggu di depan sekolahan,,

Akhirnya saya berangkat ke cilacap, sebelumnya saya bingung yang kasih no saya ke dia itu siapa yah,, ternyata saudara saya yang tadi pagi mengajari saya maenan hp. akhirnya saya berangkat dengan bekal seadanya, uangpun saya minta kepada simbah saya cuma di kasih 20rb kaka saya 15rb.
sampailah saya di kota bercahaya tepatnya CILACAP BERCAHAYA. disinilah saya mulai merintis karirku sebagai teknisi komputer yang sebenarnya saya bekerja di sebuah toko yang ternama dan cukup rame. Aku mulai belajar komputer yang sesungguhnya pada awal tahun 2008, hari demi hari saya belajar service tobel sot komputer itu pun saya di ajari sama anak yang sedang PKL an di tempat itu. satu minggu kemudian saya di suruh service komputer di suatu PT saya pun bingung baru satu minggu saya belum bisa apa apa baru tau yang namanya hadware komputer saja langsung di suruh service dengan kepedean saya dan keyakinan saya akhirnya saya beranjak ke PT tersebut untuk service CPU.
saya : selamat siang mba ada keluhan apa mba dengan komputernya ...?

mba : ini mas komputer saya kok officeny tidak mau di buka yah,, ?

saya : coba saya cek dulu ya mba,,,, ?

mba : iya mas di cek in ya mas,, pokoknya sampai beres AWAS kalo tambah rusak...

saya : saya bingung dengan komputer yang office nya rusak tersebut, bagaimana cara memperbaikinya ,, yah,, saya cuma bengong sambil menatap layar monitor dengan memegang mouse, saya grogi karena mba-mba nya dibelakan saya terus liatin saya. saya cuma bisa KLIK KANAN REFRESH.. berkali-kali
lalu mba nya bertanya ..?

mba : Mas itu sih KLIK KANAN REFRESH biar apa mas .... ?

lalu saya jawab...?
Saya : Okh... dengan rasa percaya diri saya jawab itu bniar segar mba,, komputernya... ?

Mba : Terus itu berapa kali mas kalo KLIK KANAN REFRESH....

Saya : Terserah mba 5Kali atau 10 kali tidak apa-apa mba,,,
pada saat itu saya bingung setangah mati ini komputer mau di service apanya yah,,, masa service cuma bisanya KLIK KANAN REFRESH itu pun anak kecil bisa :D .. tiba-tiba saya mempunya ide cemerlang
bagaimana supaya komputernya itu tidak di service di tempat harus di bawa pulang,,, :D

Saya : Mba ehhh ini kayaknya kena virus lho mba,,

Mba : Lho kok bisa kena virus itu ceritanya bagaimana mas,,,,,

Saya : dalam hati saya Waduhhh.. ini mba nya pertanyaanya ada-ada saja lho,, bikin saya tidak bisa jawab maklum kan saya masih proses belajar,,, lalu saya jawab sebisa mungkin okh,, mungkin karena dari flasdisknya mba yang ada virusny jadi kalo flasdsik ada virusnya terus di colokin ke komputer itu komputernya kena virus mba,,,

Mba : Okh... gitu ya mas,,, ya udah mas di bawa pulang saja yang penting harus jadi jangan sampai rusak

Saya : Ok,, mba siap

Lalu saya bawa pulang tuh komputernya ke kantor terus saya bertanya kepada teknisi seniornya
Saya : Mas saya mau tanya,, kalo komputer officenya tidak bisa di buka atau di jalankan itu langkah pertamanya yang harus di service itu apanya mas,,,,

Mas : okh itu cuma officenya saja di uninstall terus di install lagi beres deh,,,

Saya : Caranya bagaimana mas,,,,
akhirnya saya di ajarin sama senior saya cara-cara unintall dan install office tersebut dan jadilah komputer tersebut lalu saya langsung bergegas untuk mengantarkan komputer tersebut. Nah dari sinilah saya belajar tentang dunia teknologi khusunya di bidang komputer / hadware. Akhirnya apa yang saya harapkan tercapai sampai saat ini, dan masih banyak pengalaman yang saya terima di tempat kerjaku yang baru itu.
BERSAMBUNG.......
demikian cerita tentang saya pengalaman pribadi saya pada intinya apapun pekerjaanya kita kerjakan dengan sungguh2 dan keikhlasan hati, jadikan suatu pekerjaan tersebut ibadah insha Allah berkah.
 
0 Komentar untuk " Perjalanan Karir Hidupku"