Cara Mudah Install Windows XP Di Komputer Anda

Pakrusjaya. Sebelum saya memulai ke masalah poko. Mungkin bagi anda semua tidak asing lagi dengan system berbasis windows ini yaitu windows XP. Windows xp ini di kembangkan oleh microsoft sebelumnya munculnya windows xp ini mungkin anda sudah mengalami yang namanya windows95, windows 98 atau windos 2000.kali ini saya akan menguraikan bagaimanacara meng-install windows XP di PC anda.
Windows XP merupakan salah satu dari sistim operasi komputer yang masih sering digunakan sampai saat ini. Terdapat beberapa versi dari Windows XP diantaranya yaitu : windows xp home edition , windows xp professional edition, dan lain-lain.windows xp  tergolong mudah dan tidak membingukan para pemakai dalam penggunaannya. Dengan  tampilannya mudah dipahami oleh pengguna, selain itu Windows XP lebih ringan untuk dijalankan di semua spek komputer anda baik di pentium3 maupun pentium4.
Bagi anda yang ingin belajar menginstall pc anda dengan system operasi windows xp kami akan memperjelas langsung dengan disertai gambar untuk mempermudahsi pemula. Berikut adalah cara mudah install windows xp.

1. Anda harus mempunyai master windows xp sendiri/menyediakan master windows xp yang ingin Anda install.
2. Nyalakan komputer anda
3. Masukkan master windows xp ke dalam drive/cd room pada komputer anda.
4. Kemudian Masuklah ke sistim BIOS komputer Anda.
5. Untuk masuk ke system BIOS anda bisa tekan tombol del, F2 tergantung dari system board tsb.
6. kemudain pilih tab menu BIOS settin, atur boot device pertamanya adalah CD/DVD room, karena proses penginstalan melalui cd.
7. Setelah itu simpan pengaturan yang tadi anda buat dengan menekan tombol F10 lalu tekan yes/OK
8. Selanjutnya komputer akan restart dengan sendirinya, setalah komputer booting akan muncul tulisan "Press any key to boot from CD..." Anda tekanlan sembarang tombol keyboard supaya komputer memproses cd instalasi windows xp tersebut.

Procces pada saat komputer boot cd Master

9. Proses selanjutnya akan muncul tampilan windows setup seperti gambar dibawah biarkan saja sampai proses selanjutnya :


10. Langkah selanjutnya anda tidak boleh menekan tombol apapun dan tunggu sampai proses selesai dan menunggu tampilan gambar seperti dibawah. ada 3 pilihan yaitu pilihan untuk melanjutkan  (Enter), pilihan untuk memperbaiki Windows XP (R) , dan pilihan untuk keluar dari setup (F3). Jika ingin melanjutkan instalation anda Tekan Enter.


11. Setelah anda melanjutakan proses pengintalan secara otomatis akan muncul halaman persetujuan install . Untuk menyetujui proses Install tekan F8.

12. Maka Setelah anda tekan tomol F8 selanjutnya  ke halaman daftar partisi hardisk. Jika Anda belum pernah partisi hardisk Anda, maka yang tampil hanya drive C: saja. Tetapi jika Anda pernah partisi hardisk anda, maka akan muncul drive selain C:. tergantung berapa partisi yang telah Anda buat.


13.  Sebaiknya Untuk penginstallan Windows XP Anda memilih drive C: lalu tekan tombol Enter. Jika Anda ingin membagi partisi hardisk tekan tombol C, maka akan muncul seperti gambar seperti dibawah.

14. Sekarang anda diposisi menu partisi hardisk, silahkan anda bagi partisi hardisk sesuai kebutuhan anda. setelah selesai mempartisi hardisk tekan enter lalu akan proses partisi dan langkah selanjutnya seperti gambar dibawah :


15. Setelah proses selesai ada 2 pilahan type format yaitu Format the partition using the NTFS file system (Quick) dan Format the partition using the NTFS file system. Pilihlah salah satu type formating tapi saran pilih format yang paling atas NTFS (Quick). Tekan enter menuju proses selajutnya.


Setelah itu akan muncul pilihan drive yang akan Anda ingin install Windows XP nya. Pilihlah drive C:. Setelah itu tekan Enter maka komputer akan melakukan format drive C:. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Setelah proses format selesai, komputer akan mentransfer data dari CD master ke dalam hardisk komputer, tepatnya  di directory C:. Seperti pada gambar dibawah ini :


Selanjutnya komputer akan restart dengan sendiriya. Jika ingin lebih cepat tekan sembarang keyboard. 


Setelah komputer restart dan booting ingat Jangan menekan tombol apapun sampai muncul tampilan logo Windows XP. kenapa tidak boleh menekan tombol keyboard karena pada saat proses booting boot master cd proses kembali :


Langkah selanjutnya proses install pengaturan sistem biarkan saja sampai ke menu berikutnya : 


Proses lanjut tinggal pilih Cuztimize untuk detail pengaturan language dan tombol untuk melanjutkan proses instal.

Kemudian Anda harus mengisi kolom nama dan organisasi setelah di isi klik tombol Next. 

Proses berikutnya adalah registrasi. Anda harus masukkan serial number windows xp, karena kalo tidak masukan serial number anda tidak bisa melanjutkan proses install. Biasanya tertera pada cover Master CD .  klik Next. 


Jika anda benar/berhasil memasukan serial number anda akan melanjutkan ke proses berikutnya ke menu admin dan password. bisa di isi bisa juga tidak silahkan lanjut Next masuk ke menu regional language untuk mengatur zona tanggal dan waktu pilih GMT+7 lanjutkan Next.


 Setelah itu anda tgl menunggu proses install berjalan. tinggal beberapa langkah lagi.




Tunggulah beberapa menit sampai ke menu berikutnya lalu klik Next untuk melanjutkan proses install.





ada 2 pilihan yaitu typical setting sama Customs setting. pilih Typcal setting saja. Lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan ke menu berikut seperti gambar dibawah:




Lanjutkan saja langkah berikutnya akan muncul menu halaman display setting. Klik tombol OK saja untuk melanjutkan. 



Setelah anda Klik tombol ok seperti di atas anda akan masuk ke menu optimal komputer/setting resolusi seperti berikut. Klok OK saja  : 




Setelah selesai tampilan windows Xp akan Muncul eits masih satu tahap lagi  belum finish. 




Tahap terakhir untuk memunculkan desktop windows Xp Anda harus mengatur beberapa settingan lagi untuk mengaktifkan windows Xp yang anda install. Anda tinggal klik tombol Next untuk melanjutkan proses samapi muncul tulisan welcome pada layar komputer anda. 




Nah selesai sudah proses penginstallan windows Xp di komputer. Selanjutnya anda install Driver perangkat komputer untuk mengaktifkan hadware seperti VGA, SOUND, LAN Dll. 




Bagaiman menurut anda mudah kan cara install windows XP. Demikian Penjelasan dari mengenai cara mudah install windows XP. Semoga bermanfaat aamiin.
Ma'f apabila ada kata kata yang kurang berkenan kami hanya ingin berbagi satu sama lain, berbagi itu indah kawan asal yang bermanfaat bagi banyak orang.
    

 
0 Komentar untuk "Cara Mudah Install Windows XP Di Komputer Anda "