Efek Samping Teknologi Bagi Anak-Anak Di Usia Dini


PAKRUSJAYA. Gadget ini termasuk dalam katagori media elektonik yang berfungsi sebagai alat komunikasi terutama handphone, dikalangan masyarakat sekalipun siapa yang tidak mengerti tentang gadget ini. Tapi sudahkah anda berfikir sejauh mana anda memfungsikan gadget itu sendiri secara maksimal, atau gadget yang anda beli hanya sekedar buat maenan,  buat bergaya suapaya dibilang tidak ketinggalan jaman. Menurut pribadi saya memiliki gadget tidak difungsikan secara maksimal termasuk rugi, kenapa saya katan rugi? coba anda bayangkan berapa kali gadget anda dikasih makan alias dikasih pulsa cuma buat sms atau telponan yang tidak penting menurut saya sangat rugi tidak ada manfaatnya, itu sih pribadi masing-masing yang memiliki gadget tersebut. kalo dipikir pikir dengan kasih makan hp mending di tabungin buat beli sesuatu yang bermanfaat, Apalagi di era jaman sekarang saya lihat disekitar kita anak-anak kecil sudah dipegangin gadget hp tablet dll yang tujuanya kurang baik untuk anak itu sendiri, ya mungkin sudah jamanya teknologi kali yah, beda jaman saya masih kecil tidak ada hp tidak ada tablet yang ada hanyalah maenan seperti gamebot yang layar hitam.

Demam gadget saat ini tidak hanya menyerang pada usia remaja hingga dewasa tetapi sudah dimulai sejak usia dibawah umur. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari hari, dimana anak anak seusia balita sudah lihai alias mahir dalam mengoperasikan gadget untuk bermain game foto dll. Dampak buruk  teknologi bagi usia dini inipun sangat tidak baik bagi anak. Efek paling mendasar ialah kecanduan yang hampir sama dengan kecanduan alkohol bagi usia dewasa. Hal ini terjadi karena saat kita menggunakan dan menatap layar gadget, maka tubuh akan mengeluarkan hormon dopamine yang menimbulkan rasa nyaman dan ketagihan. Teori ini dikemukakan oleh Dr.Sigman dalam konferensi royal College Of Paediatrics and Child Health di glasgow. Dengan melihat anak anak usia 11 tahun yang menghabiskan  jam sehari berinteraksi dengan
gadget berbeda seperti TV, HP, Smartphone, Tablet dll.

Menurut saya bagi ibu/bapak yang mengasih anaknya maenan seperti hp, gadget, ps, dll itu kurang baik, karena dampak kecanduan gadget itu sendiri bisa menimbulkan rasa malas buat si anak itu sendiri. Pengalaman saya waktu masih duduk dibangku SMP, saya pernah maenan yang namanya gamebot, dingdong, nitendo, dan ps, awal mula saya bermain dengan temen saya maenan ps dengan asiknya saya maenan ps sampai lupa waktu, dengan rasa penasaran yang sangat tinggi saya pun bermain game lagi tiap hari hampir 6 jam lebih Sudah berapa ribu uang yang saya keluarkan demi mainan game ps tersebut. Apalagi sudah kecanduan rasa ingin move on susahnya minta ampun demi ps pun uang jajan saya simpan untuk membayar bermain ps.

Saran bagi anda yang memiliki adik masih dibawah umur jangan dibiasakan dipegangin gadget tersebut
kalau belum saatnya, kalo sudah kecanduan brabeh nantinya.
cukup sekian ulasan kali semoga bermanfaat untuk kita semua aamiin.
1 Komentar untuk "Efek Samping Teknologi Bagi Anak-Anak Di Usia Dini"

buat para blogger harus selalu sehat trus biar bisa posting artikel artikel yang lebih banyak lagi